mobil bisa melewati banjir

Musim hujan sering kali membawa genangan air di jalanan, yang bisa menjadi momok bagi pengendara, termasuk mobil. Banjir yang tidak terduga dapat menyebabkan mobil mogok. Tapi ada ga sih cara agar mobil bisa melewati banjir?

Sobat GMob jangan khawatir! berikut ini kami akan membahas tips jitu yang bisa kamu ikuti:

5 Tips Agar Mobil Bisa Melewati Banjir

Mengemudi melewati banjir bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, tetapi penting untuk tetap tenang dan membuat keputusan cerdas untuk menjaga diri dan mobil Sobat GMob tetap aman.

Berikut adalah 5 tips untuk membantu Sobat GMob agar mobil bisa melewati banjir:

Hindari Jalan yang Tergenang Air Jika Memungkinkan

Tips agar mobil bisa melewati banjir pertama dan yang paling penting dari semuanya. Jika Sobat GMob melihat jalan yang tergenang air, putar balik dan cari rute lain. Tidak ada gunanya mempertaruhkan keselamatan Sobat GMob atau mobil untuk jalan pintas.

Memperhatikan Kendaraan Lain

Jika Sobat GMob harus melewati jalan yang banjir, perhatikan kendaraan lain yang sudah lewat terlebih dahulu.

Jika kendaraan yang lebih besar atau dengan ground clearance yang lebih tinggi mengalami kesulitan, sebaiknya Sobat GMob tidak memaksakan diri untuk lewat.

Mengamati tindakan orang lain dapat membantu Anda menentukan langkah yang tepat dalam kondisi banjir. 

Matikan Mesin dan Lepaskan Kopling

Saat mobil terjebak di tengah banjir, matikan mesin segera untuk menghindari kerusakan pada komponen mesin akibat air. Selain itu, lepaskan kopling agar kampas kopling tidak terbakar.

Gunakan Gigi Rendah dan Gas Stabil

Gunakan gigi rendah (gigi 1 atau 2) dan tekan gas secara perlahan dan stabil. Hindari menginjak gas terlalu dalam karena dapat menyebabkan mobil tergelincir dan kehilangan kendali.

Jika Mobil Harus Melewati Banjir, Lakukan dengan Perlahan dan Hati-hati

Jika tidak ada jalan lain untuk melewati jalan yang banjir, lakukanlah dengan sangat hati-hati. Berikut adalah beberapa tips untuk mengemudi melalui banjir yang dangkal seperti:

Yang pertama, dengan menjaga kecepatan agar tidak terlalu cepat, idealnya di bawah 5 mph. Hal ini akan membantu Sobat GMob menghindari hydroplaning dan cipratan air, yang dapat merusak mesin Anda.

Selanjutnya menghindari memencet rem secara mendadak, akselerasi, atau belokan tajam. Gerakan tiba-tiba seperti ini dapat mengacaukan kestabilan mobil Anda dan membuat Anda kehilangan kendali.


Dan yang terakhir menyalakan lampu mobil Anda, karena hal ini membuat mobil Anda lebih terlihat oleh pengemudi lain, bahkan di siang hari.

Baca juga: Mobil Bekas Land Cruiser Apakah Masih Worth It di Tahun 2024?

Merawat Mobil Anda Agar Kembali Sehat

Jadi, Sobat GMob telah berhasil keluar dari genangan air dan mobil bisa melewati banjir, Segera lakukan perawatan setelah banjir.

Anggap saja sebagai hari spa untuk mobil Sobat GMob, sebuah kesempatan untuk menyembuhkan luka-luka akibat bertempur di genangan air.

Tapi ingat, seperti halnya peregangan setelah dipijat, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan untuk memastikan mobil tidak kambuh lagi.

Tidak Menyalakan Mobil Pasca Menerjang Banjir

Sobat GMob tau ga sih kesalahan yang paling menggoda namun bisa menjadi bencana saat ini? Yap betul banget, menghidupkan mesin.

Air banjir dapat masuk ke bagian dalam mesin yang sensitif, menciptakan campuran air yang menimbulkan masalah.

Bayangkan hydrolocking, di mana air yang terperangkap di dalam silinder membuat mesin mobil batuk dan berdecit. Tahan keinginan tersebut, dan biarkan mobil Sobat GMob mengering terlebih dahulu.

Pemeriksaan Pasca Banjir Secara Menyeluruh Dari Bemper Hingga Kap Mesin

Sekarang, setelah mesin aman, gulung lengan baju Sobat GMob dan lakukan pemeriksaan menyeluruh pada mobil Anda. Berikut adalah daftar periksa pasca banjir:

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah memeriksa eksterior. Perhatikan apakah ada penyok, goresan, atau puing-puing yang bersarang di celah-celah tersembunyi.

Setelah itu lanjut memeriksa interior untuk mencari bekas air di kursi, karpet, dan dasbor. Membuka pintu dan jendela untuk mengalirkan udara dan mencegah pertumbuhan jamur.

Lalu periksa kelistrikan dengan menguji lampu, wiper, dan radio. Jika ada yang tidak berfungsi? Panggil seorang profesional.

Lanjut dengan memeriksa oli mesin, minyak rem, dan cairan pendingin dari kontaminasi air. Perubahan warna atau tampilan seperti susu berarti perlu segera diganti.

Dan yang terakhir, memeriksa ban apakah ada luka, tusukan, atau keausan yang tidak merata. Jangan lupakan ban serep!

Baca juga: Tips Anti Panik Saat Mobil Mogok Di jalan

    Jika Ragu, Hubungi Bantuan Profesional

    Jika Sobat GMob mencurigai adanya kerusakan serius atau merasa kewalahan, jangan ragu untuk menghubungi profesional.

    Mereka memiliki peralatan dan keahlian untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah yang berhubungan dengan banjir, sehingga mobil Anda dapat kembali ke jalan raya dengan kondisi prima.

    Kita telah mengetahui bahaya apa yang bisa terjadi jika memaksakan mobil untuk menerobos banjir dan membekali diri kita dengan pengetahuan penting.

    Jika Sobat GMOB ingin mencoba peluang jual beli mobil dan motor yang berkualitas dengan harga grosiran bisa registrasi di website grosirmobil.id dan datang ke Warehouse Grosir Mobil untuk cek unit. 

    Karena dengan bergabung sebagai mitra Grosir Mobil, Sobat GMOB berkesempatan untuk mendapatkan benefit menarik seperti mendapatkan unit harga grosiran dan promo menarik lainnya.

    Sobat GMob jangan lupa untuk melakukan top up sebelum mengikuti penawaran mobil dan motor berkualitas di website grosirmobil.id

    Selain itu Grosir Mobil juga tersebar di seluruh wilayah Indonesia, unit berkualitas yang sudah lolos inspeksi. Untuk detail lebih lanjut bisa kunjungi website grosirmobil.id.


    Ayo register sekarang dan mulai ajukan penawaran hanya di grosirmobil.id!

    0 Shares:
    1 comment
    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like