Pernah nggak sih, Sobat GMob bertanya-tanya, kenapa standar samping motor ada di sebelah kiri? Padahal kalau dipikir-pikir, posisi ini kayak sudah jadi aturan baku ya?
Nah, ternyata ada beberapa alasan logis di balik penempatan standar samping di sisi kiri ini. Yuk, kita bahas secara santai tapi tetap informatif!
6 Alasan kenapa Standar Samping Motor Ada di Sebelah Kiri
Faktor Keamanan Parkir
Posisi standar di sebelah kiri motor dirancang untuk memastikan keamanan saat parkir. Dengan standar berada di kiri, motor cenderung akan miring ke arah yang sama.
Ini penting untuk menjaga agar motor tetap stabil dan nggak mudah roboh, terutama kalau diparkir di tempat yang sedikit miring.
Kalau standarnya ada di kanan, risiko motor jatuh ke arah berlalu lintas jadi lebih tinggi, kan?
Kebiasaan Pengendara
Menurut Gridoto.com, sebagian besar pengendara motor menggunakan kaki kiri untuk turun terlebih dahulu.
Nah, dengan standar di sebelah kiri, pengendara bisa langsung menurunkan standar setelah kaki kiri menapak tanah.
Praktis banget, kan? Coba bayangin kalau standar ada di kanan, pasti bakal ribet karena harus menyilang kaki untuk menurunkannya.
Desain Jalur Lalu Lintas
Di banyak negara, termasuk Indonesia, lalu lintas berjalan di sisi kiri jalan.
Dengan standar samping di kiri, pengendara bisa lebih mudah menurunkan standar tanpa harus menghadap ke arah lalu lintas yang ramai. Ini bikin aktivitas parkir jadi lebih aman dan nyaman.
Efisiensi Produksi
Ada juga alasan dari sisi pabrikasi. Sebagian besar motor dirancang secara standar dengan posisi standar di kiri.
Hal ini untuk mempermudah proses produksi massal, mengingat hampir semua motor di dunia menggunakan desain serupa.
Konsistensi ini juga membantu pengguna merasa familiar dengan motor apa pun yang mereka kendarai.
Posisi Knalpot di Sebelah Kanan
Knalpot motor umumnya berada di sisi kanan. Kalau standar samping juga diposisikan di kanan, akan ada risiko kaki pengendara atau orang lain menyentuh knalpot yang panas.
Jadi, dengan menempatkan standar di kiri, risiko ini bisa diminimalkan.
Sejarah dan Tradisi
Percaya atau nggak, penempatan standar samping di kiri juga ada hubungannya dengan sejarah.
Awalnya, sepeda sebagai pendahulu motor punya standar di kiri. Ketika motor mulai diproduksi, tradisi ini diadopsi dan diterapkan hingga sekarang.
Jadilah, motor modern tetap mempertahankan standar samping di kiri.
Kenapa standar samping motor ada di sebelah kiri? Jawabannya adalah perpanduan dari faktor keamanan, kenyamanan, desain, hingga tradisi.
Semua ini dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik bagi kita semua.
Nah, sekarang Sobat GMob sudah tahu, kan, alasan di balik penempatan standar samping motor di kiri?
Semoga pengetahuan ini bisa menambah wawasan kalian tentang dunia otomotif. Jangan lupa, tetap berhati-hati di jalan dan pastikan standar motor kalian benar-benar terpasang dengan baik sebelum ditinggal parkir, ya!
Grosir Mobil menyediakan pilihan kendaraan bekas berkualitas mulai dari mobil hingga motor yang sangat cocok untuk dijual lagi karena sudah melewati proses inspeksi!
Baca juga: Cara Melakukan Refund Top Up Di Grosir Mobil
Registrasi gratis sekarang di www.grosirmobil.id dan gunakan kode referral DBC4 untuk mendapatkan promo menarik yang menunggu kamu dan temukan kendaraan bekas berkualitas yang mudah terjual sekarang!