Fitur Keselamatan Mobil

Sebagai orang tua, tak ada yang lebih penting daripada keamanan dan kebahagiaan keluarga. Ketika Sobat GMob memutuskan untuk membeli mobil keluarga, prioritas utama tentunya adalah kenyamanan dan ruang yang cukup untuk semua anggota keluarga. Namun, di antara semua pertimbangan, fitur keselamatan mobil menjadi faktor yang tak boleh diabaikan.

Memilih mobil keluarga yang aman adalah bentuk tanggung jawab kita untuk melindungi orang-orang tercinta saat bepergian. 

Statistik kecelakaan lalu lintas yang melibatkan keluarga menjadi pengingat pentingnya aspek ini. Dilansir dari dataIndonesia.id, menurut Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) ada 3.286 kasus kecelakaan selama periode mudik Lebaran 2024.

Artikel ini akan menjelaskan fitur-fitur keselamatan yang krusial. Dengan informasi ini, Sobat GMob dapat membuat keputusan yang tepat saat memilih mobil yang menjamin keamanan optimal untuk seluruh anggota keluarga.

Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada di Mobil Keluarga

Mobil keluarga yang ideal tak hanya sekadar lega dan nyaman, namun juga dibekali dengan fitur keselamatan yang mumpuni. Berikut adalah beberapa fitur keselamatan mobil yang wajib Sobat GMob perhatikan:

Airbag

Fitur keselamatan mobil yang pertama, Airbag adalah kantung udara yang mengembang dengan cepat saat terjadi kecelakaan. Fungsinya adalah untuk melindungi penumpang dari benturan keras dengan bagian dalam mobil.

Umumnya, mobil dilengkapi dengan airbag pengemudi dan penumpang depan. Semakin baik kualitas mobil, semakin banyak jumlah airbag yang ditawarkan, seperti airbag samping, airbag lutut, dan airbag tirai.

Airbag bukanlah pengganti sabuk pengaman, namun fungsinya saling melengkapi. Airbag memberikan bantalan tambahan dan mengurangi risiko cedera kepala, leher, dan dada saat terjadi kecelakaan.

Sabuk Pengaman

Fitur keselamatan mobil yang paling mendasar adalah sabuk pengaman. Sabuk pengaman wajib digunakan oleh seluruh penumpang, tak terkecuali anak-anak.

Fitur pengingat penggunaan sabuk pengamanan juga penting untuk selalu menggunakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman adalah perlindungan pertama dalam kecelakaan.

Pilih mobil yang dilengkapi dengan sabuk pengaman pretensioner dan load limiter. Sabuk pretensioner akan mengencang secara otomatis saat terjadi benturan, sedangkan load limiter berfungsi membatasi gaya yang diterima dada penumpang untuk mencegah cedera.

Pastikan mobil memiliki sabuk pengaman dengan tiga titik jangkar yang kompatibel dengan kursi anak. Beberapa mobil juga dilengkapi dengan sistem ISOFIX untuk pemasangan kursi anak yang lebih aman dan mudah.

Rem ABS (Anti-lock Braking System)

Fitur keselamatan mobil selanjutnya, ABS adalah sistem pengereman yang mencegah roda mobil mengunci saat pengereman mendadak. Hal ini membuat pengemudi tetap dapat mengendalikan arah mobil dan menghindari potensi tergelincir.

Saat Sobat GMob menginjak pedal rem secara mendadak, sistem ABS akan mengatur tekanan hidrolik pada setiap roda secara otomatis. Ini memastikan roda mobil tetap berputar sehingga Sobat GMob dapat mengendalikan arah dan menghentikan laju kendaraan dengan optimal.

EBD (Electronic Brakeforce Distribution)

EBD bekerja bersamaan dengan ABS untuk mendistribusikan gaya pengereman secara optimal ke setiap roda mobil. Sistem ini memperhitungkan kondisi beban dan permukaan jalan, sehingga pengereman menjadi lebih stabil dan efektif.

Saat Sobat GMob membawa muatan berat atau berkendara di jalanan licin, EBD memastikan distribusi gaya pengereman yang tepat untuk setiap roda. Hal ini mencegah terjadinya selip pada salah satu roda dan menjaga stabilitas kendaraan.

ESC (Electronic Stability Control)

ESC adalah sistem yang membantu pengemudi menjaga stabilitas kendaraan saat menikung atau menghindari rintangan. 

Sistem ini bekerja dengan mendeteksi hilangnya kendali dan secara otomatis melakukan koreksi pada pengereman dan pengaturan mesin untuk mengembalikan mobil ke jalur yang aman.

ESC sangat berguna pada situasi-situasi darurat, seperti saat Sobat GMob harus menghindari kendaraan lain secara tiba-tiba atau saat berkendara di jalanan yang berkelok-kelok.

Sistem Pengereman Darurat (Autonomous Emergency Braking)

Teknologi ini semakin banyak dijumpai pada mobil-mobil modern. Autonomous Emergency Braking (AEB) menggunakan sensor untuk mendeteksi kendaraan di depan dan secara otomatis melakukan pengereman darurat untuk menghindari tabrakan atau mengurangi dampak benturan.

Terdapat beberapa jenis AEB, di antaranya yang menggunakan sensor radar dan kamera. Sistem ini bekerja efektif pada kecepatan tertentu, namun fungsinya sebagai fitur pencegahan kecelakaan sangatlah penting.

Fitur Keamanan Anak

Membawa anak dalam perjalanan tentunya membutuhkan perhatian ekstra. Pastikan mobil keluarga Anda dilengkapi dengan fitur keamanan anak seperti Child Lock.

Fitur ini mencegah anak-anak membuka pintu mobil dari dalam, sehingga meminimalisir risiko mereka keluar dari mobil saat kendaraan sedang berjalan.

Fitur Keselamatan Mobil Tambahan yang Meningkatkan Keamanan

Selain fitur-fitur wajib yang telah disebutkan di atas, teknologi keselamatan mobil terus berkembang. Beberapa fitur tambahan yang patut dipertimbangkan saat memilih mobil keluarga antara lain:

Advanced Driver Assistance Systems – ADAS

Teknologi ADAS menggunakan sensor dan kamera untuk membantu pengemudi dalam berbagai situasi. Beberapa contoh fitur ADAS yang bermanfaat:

  • Lane Departure Warning (LDW): Sistem ini memberikan peringatan saat mobil Anda secara tidak sengaja keluar dari marka jalan.
  • Blind Spot Monitoring (BSM): Sistem ini mendeteksi kendaraan yang berada di titik buta pengemudi dan memberikan peringatan visual atau audio.
  • Adaptive Cruise Control (ACC): Sistem ini menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan secara otomatis, sehingga mengurangi kelelahan pengemudi saat berkendara jarak jauh.

Kamera 360 Derajat

Fitur ini memberikan tampilan visual dari sekitar mobil melalui kamera yang terpasang di bagian depan, belakang, dan samping. Kamera 360 derajat memudahkan manuver parkir dan meningkatkan kewaspadaan pengemudi terhadap potensi bahaya di sekitar kendaraan.

Sensor Parkir

Sensor parkir membantu pengemudi saat parkir dengan memberikan peringatan berupa bunyi atau tampilan visual saat mobil mendekati objek lain.

Kesimpulan

Memilih mobil keluarga tak hanya berfokus pada kenyamanan dan kapasitas penumpang. Prioritaskan fitur keselamatan untuk memastikan keamanan dan ketenangan pikiran saat bepergian bersama orang tercinta.

Dengan informasi yang lengkap dan pemahaman terhadap fitur-fitur keselamatan, Sobat GMob dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih mobil yang menjamin perlindungan optimal bagi seluruh anggota keluarga.

Lakukan riset lebih lanjut, bandingkan fitur keselamatan yang ditawarkan oleh berbagai produsen mobil, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga penjual yang terpercaya.

Ingatlah, utamakan keselamatan sebagai prioritas utama saat Sobat GMob memilih mobil keluarga.

Jika Sobat GMOB ingin mencoba peluang jual beli mobil dan motor yang berkualitas dengan harga grosiran bisa registrasi di website grosirmobil.id dan datang ke Warehouse Grosir Mobil untuk cek unit. 

Karena dengan bergabung sebagai mitra Grosir Mobil, Sobat GMOB berkesempatan untuk mendapatkan benefit menarik seperti mendapatkan unit harga grosiran dan promo menarik lainnya.

Ayo register sekarang dan mulai ajukan penawaran untuk mendapatkan harga terbaik untuk pedagang hanya di Grosir Mobil!

0 Shares:
3 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like