Mobil listrik semakin populer di era di mana kesadaran akan lingkungan semakin meningkat. Salah satu aspek yang menarik dari kendaraan listrik adalah baterainya dan banyak jenis baterai mobil listrik.

Baterai adalah jantung dari mobil listrik, menentukan jarak tempuh, performa, dan bahkan harga kendaraan tersebut. 

Bagi mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang jenis-jenis baterai yang digunakan dalam mobil listrik, artikel ini akan memberikan panduan lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan Sobat GMob.

Jenis-jenis Baterai Mobil Listrik

Dalam dunia mobil listrik, baterai adalah salah satu elemen paling vital yang mempengaruhi kinerja dan pengalaman pengguna. Berikut adalah beberapa jenis baterai yang umum digunakan dalam mobil listrik:

Baterai Ion-Lithium (Li-Ion)

Baterai ini merupakan yang paling umum digunakan dalam mobil listrik saat ini. Mereka dikenal karena memiliki kepadatan energi yang tinggi, artinya mereka dapat menyimpan energi dalam volume yang relatif kecil. Selain itu, baterai Li-ion memiliki umur pakai yang relatif panjang dan dapat diisi ulang dengan cepat.

Baterai Natrium-Ion (Na-Ion)

Ini adalah alternatif untuk baterai Li-ion yang mulai mendapatkan perhatian. Baterai Na-ion menggunakan natrium sebagai elektrolitnya, yang lebih murah dan lebih mudah didapat dibandingkan dengan litium. 

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, baterai Na-ion memiliki potensi untuk menjadi pilihan yang lebih hemat biaya dalam jangka panjang.

Baca juga: Tertarik Membeli Mobil Listrik? Simak Sebelum Beli!

Baterai Nikel-Kadmium (NiCd)

Meskipun jarang digunakan dalam mobil listrik modern karena keterbatasan dalam hal kapasitas dan kinerja, baterai NiCd masih ditemukan dalam beberapa kendaraan listrik yang lebih tua atau aplikasi khusus. Mereka memiliki umur pakai yang relatif panjang dan tahan terhadap suhu ekstrem.

Baterai Lead-Acid

Meskipun umumnya digunakan dalam kendaraan konvensional, baterai lead-acid juga digunakan dalam beberapa aplikasi mobil listrik ringan atau mobil listrik hibrida. Baterai lead-acid terdiri dari sel-sel elektrokimia dengan elektrolit berbasis asam sulfat dan elektroda dari timbal dan oksida timbal. 

Baterai Nikel-Metal Hidrida (NiMH)

Serupa dengan baterai NiCd, baterai NiMH juga kurang umum digunakan dalam mobil listrik modern karena telah digantikan oleh teknologi baterai yang lebih canggih seperti Li-ion. Namun, mereka masih digunakan dalam beberapa model kendaraan listrik dan memiliki keunggulan tertentu dalam hal keamanan dan biaya.

Baterai Polymer Lithium (Li-Pol)

Sebagai varian dari baterai ion-litium, baterai polymer lithium menawarkan kepadatan energi yang lebih tinggi dan fleksibilitas desain yang lebih besar. Mereka sering digunakan dalam mobil listrik karena dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran yang berbeda.

Baca juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Listrik Sebelum Membelinya

Kesimpulan

Dalam dunia mobilitas yang semakin berfokus pada keberlanjutan, baterai mobil listrik menjadi inti dari revolusi transportasi ini dan jenis baterai mobil listrik akan terus berkembang. 

Dari baterai ion-litium yang canggih hingga baterai lead-acid yang lebih konvensional, setiap jenis baterai memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. 

Namun, dengan perkembangan teknologi yang terus berlangsung, kita dapat mengharapkan inovasi yang lebih besar di masa depan.

Bagaimana perkembangan teknologi baterai dapat mempengaruhi masa depan mobilitas mobil listrik ke depannya?

Jika Sobat GMob ingin mencoba peluang jual beli mobil dan motor bekas yang berkualitas dengan harga grosiran bisa langsung datang langsung ke Warehouse Grosir Mobil dan registrasi sebagai mitra di website grosirmobil.id

Karena dengan bergabung sebagai mitra Grosir Mobil, Sobat GMob berkesempatan untuk mendapatkan benefit menarik seperti mendapatkan unit harga grosiran dan promo menarik lainnya.

Selain itu Grosir Mobil juga tersebar di seluruh wilayah Indonesia, unit berkualitas yang sudah lolos inspeksi, dan saat ini Grosir Mobil sedang ada promo cashback up to Rp.12 Juta untuk periode Februari – April yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu silver, gold, dan platinum. Untuk detail lebih lanjut bisa kunjungi website grosirmobil.id.

Ayo register sekarang dan mulai ajukan penawaran untuk mendapatkan cashback hanya di Grosir Mobil!

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like